1.1. Perencanaan Program Sekolah
1.1.1. Sekolah membuat Visi, Misi, Tujuan
Visi dan Misi sekolah dirumuskan berdasarkan hasil analisis kekuatan dan kelemahan sekolah
Visi, Misi, dan Tujuan Sekoalhj dirumuskan berdasarkan prinsip SMART
Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah dirumuskan dengan melibatkan warga sekolah dan stakeholder
Visi dan Misi sekolah ditinjau dan direview kembali secara berkala sesuai dengan perkembangan dan tuntutan di masyarakan dengan mengacu pada rapor pendidikan
Visi dan Misi sekolah disosialisasikan kepada komuinitas sekolah/ warga sekolah dan stakeholder
Visi dan Misi sekolah dapat diakses dengan mudah oleh piahk eksternal
1.1.2. Sekolah menyusun Rencana Kerja Sekolah (RKJP/ RKT dan RKJM)
Membuat Rencana Kerja Sekolah berdasarkan rapor pendidikan dan data pendukung lainnya (Perencanaan Berbasis Data), yang dituangkan dalam RKM, RKT, dan RKAS
RKJP/ RKT disusun setiap tahun dengan menggunakan perencanaan berbasis data
Penyusunan rencana kerjas sekolah melibatkan warga sekolah/ tim pengembangan sekolah
Ditandatangani oleh Kepala Sekolah dan komite serta disahkan berlakunya oleh dinas pendidikan, atau oleh penyelenggara sekolah (Yayasan) untuk sekolah swasta
Rencana kerja sekolah disosialisaikan kepada komunitas sekolah dan stakeholder
1.1.3. Sekolah menyusun Kurikulum Satuan Pendidikan (KSP)
Kurikulum Satuan Pendidikan (KSP) disusun setiap tahun oleh sekolah berdasarkan hasil refleksi evaluasi
Penyusunan KSP mengau pada panduan pengembangan KSP
Kurikulum Satuan Pendidikan (KSP) disusun dengan melibatkan warga sekolah dan pemangku kepentingan
KSP memuat : a) Karakteristik Satuan Pendidikan, b) Visi, Misi, dan Tujuan Satuan Pendidikan, c) Pengoranisasian Pembelajaran, d) Rencana Pembelajaran, dan e) Pendampingan, Evaluasi, dan Pengembangan Profesional
KSP divalidasi oleh Dinas Pendidikan (Pengawas Sekolah)
KSP dilengkapi dengan Daftar Hadir dan Berita Acara Penyusunan KSP
KSP dilengkapi dengan hasil telaah KSP
1.1.4. Sekolah menyusun dan melaksanakan kegiatan intrakurikuler
Kegiatan intrakurikuler memuat mata pelajaran dan pengaturan alokasi waktu per mata pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum
Kegiatan intrakurikuler memuat Muatan Lokal
Kegiatan intrakurikuler memuat contoh CP, TP, dan ATP
Kegiatan intrakurikuler memuat contoh RPP/ Modul Ajar
1.1.5. Sekolah menyusun dan melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler
Dokumen program ekstrakurikuler yang memuat cabang, tujuan, sasaran, pelaksana dan karakter profil pelajar Pancasila
Penanggung Jawab program ekstrakurikuler yang dituangkan melalui SK Kepala Sekolah
Kegiatan ekstrakurikuler melibatkan/ bekerjasama dengan pihak eksternal
Jadwal pelaksanaan program ekstrakurikuler yang disahkan oleh Kepala Sekolah
1.1.6. Sekolah menyusun dan melaksanakan kegiatan kokurikuler
Terdapat tema, topik, dimensi, dan elemen/sub elemen
Terdapat alokasi waktu setiap projek
Terdapat koordinator tiap projek
Terdapat contoh modul Kokurikuler
1.2. Pelaksanaan Program Sekolah
1.2.1. Sekolah melaksanakan rencana kerja bidang kurikulum
Sekolah membuat SK Pembagian Tugas Mengajar
Sekolah membuat Tim Pengembang Kurikulum Tingkat Sekolah
Semua pendidik menyusun Modul Ajar
Modul Ajar disahkan oleh Kepala Sekolah
1.2.2. Sekolah melakukan pengelolaan Bidang Kesiswaan
Sekolah menetapkan petunjuk pelaksanaan operasional mengenai proses Penerimaan Peserta Didik Baru
Melaksanakan program layanan konseling peserta didik secara rutin
Melaksanakan program dan aktivitas kesiswaan
Melaksanakan program pembinaan prestasi (terdapat programnya)
Sekolah memastikan pelaksanaan budaya positif pada peserta didik (keyakinan kelasm restitusi, dll)
Sekolah dalam pelaksanaan kegiatan kesiswaan merenapkan voice (mendengarkan suara). choice (memberikan pilihan), dan ownership (membangkitkan rasa memiliki) pada peserta didik
1.2.3. Sekolah melakukan pengelolaan Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Memiliki program pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan (diklat, workshop, IHT, dll)
Sekolah melakukan penilaian Kinerja terhadap pendidik dan tenaga kependidikan
Data pengembangan pendidik digunakan untuk mengembangkan kapasitas pendidik dan tenaga kependidikan yang berpegang pada prinsip keadlian
Pemberian tugas tambahan guru dilakukan secara adil sesuai kapasitas
1.2.4. Sekolah melakukan pengelolaan Bidang Sarana dan Prasarana
Sekolah menunjuk penanggung jawab /pengelola di bidang Sarana dan Prasarana
Sekolah memliki program mengenai pengelolaan Sarana dan Prasarana
Seluru program pengelolaan sarana dan prasaran pendidikan disosialisasikan kepada pendidi, tenaga kependidikan, dan peserta didik
Adanya evaluasi dan pemeliharaan sarana dan prasarana secara berkala
Sekolah melengkapi fasilitas pembelajaran pada setiap tingkat/jenang kelas
1.2.5. Sekolah melakukan pengelolaan Bidang Keuangan dan Pembiayaan
Sekolah menunjuk pengelola/bendahara yang disahkan oleh Kepala Sekolah/ Dinas Pendidikan
Sekolah memiliki pedoman pengelolaan operasional yang mengacun pada standar pembiayaan (RKAS) dan Petunjuk Penggunaan BOS (Juknis) dan PBP bagi sekolah negeri jenjang SMA/SMK dan SLB
Pengelolaan biaya operasional sekolah disosialisasikan secara transparan
Pencatatan semua penerimaan dan pengeluaran serta penggunaan anggaran dilakukan secara rutin sesuai dengan ketentuan anggaran yang ada, untuk dilaporkan ke Dinas Pendidikan
1.2.6. Sekolah melakukan pembangunan Budaya dan Lingkungan Sekolah
Sekolah menetapkan pedoman tata tertib (Tata Tertib Pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik) mengacu pada budaya positif
Tata tertib sekolah dibuat dengan melibatkan komite, guru, siswa, dan tenaga kependidikan
Tata tertib sekolah disosialisasikan kepada warga sekolah dan stakeholder
Adanya program pembiasaan untuk membangun budaya positif dan penegakan tata tertib sekolah
Minimnya terjadi tindakan kekerasan fisik dan non fisik di sekolah
1.2.7. Sekolah melakukan pengelolaan Bidang Sarana dan Prasarana
Sekolah menjalin kemitraan dengan instansi pemerintah
Sekolah menjalin kemitraan dengan DUDI/ Intansi swasta
Sekolah menjalin kemitraan dengan alumni/ orangtua
Kemitraan ditetapkan dengan dokumen kerjasama/ kemitraan secara tertulis
Adanya laporan kegiatan kemitraan
Kemitraan dilaksanakan dan dievaluasi secara berkala
1.2.8. Sekolah melakukan pengelolaan Bidang Sarana dan Prasarana
Adanya tenaga IT/Operator yang mengelola bidan sistem informasi
Telah dilakukan penerapan IT dalam manajemen sekolah (Absensi, pengelolaan keuangan, dll)
Telah dilakukan penerapan IT dalam pembelajaran
Adanya sarana pendukung penerapan IT, seperti laboratorium komputer, chromebook, LCD, dll